Selasa, 21 Desember 2010

JAVA (program dengan array)

import java.io.*;
public class duadimensicuy
{
public static void main(String[] args)
{
String [][] bd = new String [4][4];
bd [0][0]= "04";
bd [0][1]= "bagus";
bd [0][2]= "17";
bd [0][3]= "dewi";
bd [1][0]= "salsa";
bd [1][1]= "10";
bd [1][2]= "kautsar";
bd [1][3]= "12";
bd [2][0]= "09";
bd [2][1]= "fitria";
bd [2][2]= "08";
bd [2][3]= "firmansyah";
bd [3][0]= "sulistyaningrum";
bd [3][1]= "09";
bd [3][2]= "al";
bd [3][3]= "18";
int a,b;
for (a=0;a<4;a++)
{
for (b=0;b<4;b++)
System.out.print(bd [a][b]+" ");
System.out.println(" ");
}
}
}


Saya akan menjelaskan coding yang saya buat. Import java.io*; menandakan bahwa kita akan menggunakan paket dari java. Kita buat nama classnya dengan format di java public class duadimensicuy. Yang berarti keseluruhan dari coding itu mempunyai class bernama duadimensicuy. Selanjutnya kita mulai nama method. Dengan menuliskan ublic statis void main (String[] args).
Lalu kita deklarasikan array yang kita buat. Saya mndeklarasikan array dengan string. Karena memakai dua dimensi maka sayasaya menggunakan dua varibael. String [] [] bd= new String [4][4]; berarti saya membuat array berupa string dengan nama variable bd dan new string [4][4] mrnandakan bahwa itu memakai luas 4x4.
Kita mulai dengan memasukan data array. Disini ada data yang berupa angka. Kita dapat memakai sring dikarenakan angka tersebut tidak akan dip roses. Apabila data angka tersebut akan diproses maka kita harus menggunakan type data int dsb.
Lalu kita buat perulangannya. Karena ini dua dimensi maka saya memaki dua nama variable, yaitu a dan b. dengan format tulisan int a,b. kita mulai dengan memakai perulangan for. For (a=0;a<4;a++) memiliki arti dia akan mencetak baris pertama mendatar hingga 4 kali lalu masuk ke For (b=0;b<4;b++) memiliki arti dia akan mencetak 4 baris pertama menurun hingga kurang dari 4 kali.
Lalu kita prtint datanya dengan format system.out.print (bd [a][b]+” “) berarti dia akan mengeprint data dan system.out.println(“ “) itu akan mencetak kosong dalam artian enter atau spasi untuk kebawah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar