Selasa, 21 Desember 2010

JAVA (mencetak hasil dengan memanggil variabel)

Saya mahasiswa gunadarma
Tinggi saya adalah 170
Segitiga yang saya buat luasnya adalah 100
Kubus yang saya buat luasnya adalah 64
Lingkaran yang saya buat luasnya adalah 12,56
Alas=10, tinggi=20, sisi=4, v=3,14, r=2

(coding)
class daftar
{
public static void main(String[] args)
{
String nama="gunadarma";
int tinggi_saya=170;
int alas=10,tinggi=20,sisi=4,r=2;
double v=3.14;
int luas_segitiga=(alas*tinggi)/2,luas_kubus=sisi*sisi*sisi;
double luas_lingkaran=v*r*r;
System.out.println("saya mahasiswa "+nama);
System.out.println("tinggi saya adalah " +tinggi_saya);
System.out.println("segitiga yang saya buat luasnya adalah "+luas_segitiga);
System.out.println("kubus yang saya buat luasyna adalah "+luas_kubus);
System.out.println("lingkaran yang saya buat luasnya adalah "+luas_lingkaran);
System.out.print("alas= "+alas+", ");
System.out.print("tinggi= "+tinggi+", ");
System.out.print("sisi= "+sisi+", ");
System.out.print("v= "+v+", ");
System.out.print("r= "+r+", ");
}
}

Disini saya akan menjelaskan logika dari program yang saya buat,
class daftar merupakan nama kelas. Jadi seluruh program ini adalah class daftar dankelas bersifat umum
tanda kurung kurawalpertama merupakan awal blog program
public static void main merupakan nama method yang akan di lanjutkan
tanda kurung kurawal kedua merupakan tanda dari mulainya method
string pada variable nama merupakan arti bahwa variable tersebut merupakan kumpulan dari char dan di akiri dengan (;)
penggunaan kata int menandai bahwa variable tersebut merupakan bilangan bulat
apabila ada kesamaan dalam tipe data, kita dapat menggabungkan dengan koma dan diakhiri dengan (;)
selnjutnya tipe data double merupakan tipe yang memiliki ati bahwa variable tersebut decimal
lalu kit mebuat tampilan dari kata-kata yang kita inginkan dengan menggunakan keyword system.out.println atau system.out.print. perbedaan dari kedua keyword tersebut terletak pada kata ln, dimana kata itu berpengaruh untuk memberikan posisi kata yang ada. Apabila kita menggunakan ln, maka cetakan akan berada di baris selanjutnya. Apabila kita tidak mengunakan ln, maka cetakan akan terus memanjang atau sebaris.
Kita dapat mencetak yang kita inginkan dengan memanggil variable. Contoh: System.out.println(“saya mahasiswa ”+nama); disini terlihat bahwa kita memakai kata (+nama) diartikan bahwa sebelum kita mencetak kita sudah memberikan variable pada nilai tersebut.
Setelah semua selesai tanda tutup kurung pertama merupakan akhir dari method
Tanda tutup kurung kedua merupakan akhir dari blog program

Tidak ada komentar:

Posting Komentar