Rabu, 27 Oktober 2010

TEKNOLOGI DAN PERADABAN MANUSIA

Peradaban manusia merupakan peradaban yang mempunyai sejarah panjang. Banyak yang menceritakan bahwa manusia berasal dari monyet. Padahal dalam al-qur’an di jelaskan bahwa awal dari manusia di ciptakan adalah terbuat dari tanah. Hal ini juga telah di buktikan dengan adanya hasil penelitian yang menyebutkan bahwa unsur-unsur dari tubuh manusia adalah sama dengan tanah. Ini adalah sebagian kecil dari sejarah peradaban manusia. Disini saya akan menjelaskan tentang hubungan peradaban manusia dengan teknologi.
Manusia terus mengembangkan teknologi yang terbaru. Manusia berlomba-lomba untuk menciptakan teknologi yang sangat canggih tanpa memikirkan dampak yang lain.
Pernah saya melihat ada sebuah cerita yang menyebutkan bahwa suatu saat peradaban manusia akan punah di karenakan sudah di kuasai oleh robot.
Menurut pemikiran saya cerita tersebut lambat laun akan terbukti benar. Kita ambil contoh dari yang kecil saja. Ketika di suatu industri mem-PHK ksryawannya karena memiliki mesin yang lebih efisien dan menghenat biaya. Hal yang kecil seperti ini juga lambat laun akan memusnahkan peradaban manusia.
Kesimpulannya bahwa suatu saat apabila manusia terus menciptakan suatu teknologi tanpa banyak memikirkan aspeknya maka niscaya apa yang ada di cerita kalau suatu saat manusia akan punah dan digantikan oleh robot akan benar.

1 komentar: